Cara mencetak patung gipsum – silikon

Bagaimana cara membuat cetakan patung? Sedikit berbeda dengan proses membuat cetakan fiberglass/resin, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan sebelum mulai membuat cetakan silicon ruber.

 

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

 

-    RTV bahan A dan B

-    Model, bisa dari bahan apa saja seperti: gypsum, tanah liat, kayu, besi

-    Kotak atau lempengan papan/kayu atau lego untuk dijadikan dinding kotak

-   Dasar kotak, bisa dari lilin, kayu/papan,

-    Kuas

-    Pengaduk (kayu atau spatula)

-    Sarung tangan

-   Lem kayu (bisa menggunakan glue gun)

 

 

Langkah 1: 

Siapkan bahan A dan B dengan jumlah/berat yang sama.

Campurkan ke dua bahan tersebut ke dalam satu wadah, lalu aduk hingga campuran warna merata, paling tidak 3 menit.

Bahan siap untuk digunakan maksimal 20 menit setelah diaduk.

Langkah 2 

Siapkan dasar kotak dengan menempatkan model ditengahnya. Model dilem di dasar kotak lalu ditekan rapat agar tidak ada cela antara model dan dasar kotak. Hal ini bertujuan untuk mencegah silicon merembes ke bawah model.

Langkah 3 

Pasang dinding melingkari model, biarkan jarak +/- 1 cm antara model dan dinding kotak, sehingga nantinya akan menjadi ketebalan dinding molding. Di antara dinding dan dasar kotak biasanya ada celah yang memungkinkan cairan merembes ke dalam. Oleh karenanya celah-celah pertemuan antara dinding dan dasar kotak serta sudut-sudutnya harus ditutupi dengan lapisan clay, lilin atau lem silicon. Pastikan agar tidak ada celah atau lubang sekecil apapun sehingga cetakan yang dihasilkan bisa sempurna.

Setelah itu sapukan cairan ‘mold release’ ke model dan biarkan beberapa saat.

Kemudian bahan yang sudah dicampur dituang ke dalam wadah* (lihat tips cara menuang) sampai menutupi seluruh permukaan model, dan biarkan cairan menebal sekitar 1 cm dari permukaan model. Ketebalan 1 cm ini merupakan dinding molding bagian bawah. Namun perlu diingat pula jangan terlalu tebal, karena selain boros bahan silicon juga akan menjadikan molding kurang fleksibel nantinya.

Langkah 4 

Diamkan selama 24 jam (lamanya tergantung konsentrasi campuran) sampai cetakan mengeras dan tidak lengket begitu disentuh.

Langkah 5 

Cetakan siap dikeluarkan, dimulai dari melepas dinding-dindingnya satu persatu. Dan terakhir dasar kotak dilepas, bisa dengan bantuan cutter/pisau dilepas secara perlahan, jangan sampai cetakan sobek.

Setalah cetakan terlepas, kemudian tahap terakhir yaitu melepas model dari cetakan silicon.

Cetakan siap digunakan.

 

*TIPS Teknik menuang: 

Cara menuang cairan ke molding ada tekniknya, terutama untuk lapisan pertama yang merupakan langkah yang paling penting. Jangan langsung menuang cairan silicon ke dalam kotak molding sekaligus. Pertama-tama tuangkan cairan silicon secukupnya saja supaya bisa membasahi permukaan model. Kemudian miringkan kotak molding sehingga cairan menyebar perlahan ke seluruh permukaan model. Nantinya mungkin terlihat gelembung-gelembung kecil berisi udara dan Anda bisa pecahkan. Kemudian setelah tidak ada gelembung lagi, maka mulai tuangkan semua bahan perlahan-lahan dengan cara diangkat tinggi-tinggi sehingga cairan akan mengalir sedikit demi sedikit. Tuangkan pada satu titik saja yaitu pada sudut kotak molding.

Cara menghilangkan Gelembung di permukaan cetakan

B isa dengan menembakan angin atau menggunakan pengering rambut (hair dryer) lalu ditembakan dengan cepat dan ringan pada permukaan.

Sumber: http://www.abadigemilang.com

 

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s